. Sejarah INTERNET dan WEB ~ SEKEDAR BELAJAR DAN BERBAGI

Kamis, 29 Maret 2012

Sejarah INTERNET dan WEB

Wah akhirnya di update juga nih blog -.-a, blog ini dibuat sih buat iseng2 ama buat ngerjain tugas softskill :D. kali ini saya diberi tugas untuk membuat tulisan mengenai INTERNET dan WEB, di jaman sekarang ini kita pastilah familiar dengan 2 kata itu, siapa yang gak kenal INTERNET dan WEB?? Mungkin hanya anak balita yang tidak mengenal kata2 tersebut. Internet dan WEB adalah pasangan yang tidak mungkin dipisahkan, Internet digunakan untuk membuka WEB, dan WEB hanya bisa dibuka oleh akses Internet. Mungkin ini yang disebut dengan simbiosis :D, wah daripada makin lama makin OOT, langsung aja ketopik bahasan dengan sejarah INTERNET dan WEB. Monggo di baca :)

Sejarah INTERNET

Internet, bukan (indomie  telor kornet) merupakan sebuah jaringan computer yang digunakan oleh departemen pertahanan amerika  pada tahun 1969, Nama internet sendiri awalnya adalah ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan sebuah proyek dari ARPA untuk berkomunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Internet dibuat dari singkronisasi Hardware dan Software yang dijalankan dalam Sistem Operasi UNIX. ARPANET merupakan bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan pembuatan ARPANET awalnya adalah untuk kepentingan militer,  Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet atau kepanjangan dari (Interconnected Network)
Internet yang sekarang kita nikmati merupakan perkembangan dari ARPANET yang bisa kita gunakan dengan leluasa, sekarang internet merupakan sarana bagi kita untuk berbagai macam hal seperti : E-mail, Social Network, Online Shoping, dan masih banyak lagi. Untuk itulah kita harus bijaksana untuk menggunakan internet agar manfaat internet menjadikan kita lebih positif lagi :)


Sejarah WEB (Website)

Semua orang pasti sudah sangat mengenal kata yang satu ini, setiap kita browsing pasti kita menulis macam2 kata ini di browser kita. Inilah kegunaan dari internet, yaitu untuk membuka website, apa itu website??
Website adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.  Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
Lalu bagaimana asal mula website dibuat??
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

Sepertinya sudah cukup saya menjelaskan sejarah INTERNET dan WEB, semoga bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Dapatkan Segera Artikel Terbaru Dari SEKEDAR BELAJAR DAN BERBAGI Langsung ke Email anda GRATISSS !!! KLIK DISINI.